PPATK Ajak Perbankan Tingkatkan Kualitas Pelaporan Anti-Pencucian Uang

JAKARTA – Deputi Bidang Pencegahan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Muhammad Sigit mengajak kalangan industri perbankan untuk terus meningkatkan kualitas pelaporan anti-pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APUPPT). Ia juga menyoroti perlunya peningkatan kapasitas dan kompetensi petugas APUPPT, mengingat kejahatan pencucian uang dan kejahatan keuangan terkait lainnya bergerak semakin kompleks.
Hal itu disampaikannya dalam Rapat Koordinasi PPATK dengan Forum Komunikasi Direktur Kepatuhan Perbankan (FKDKP), Selasa, 13 Oktober 2020. Rapat yang diselenggarakan secara daring ini tidak kurang dihadiri oleh 265 peserta rapat dari unsur PPATK dan FKDKP.
“Masih ditemui beberapa kesalahan teknis terkait validasi penyampaian laporan ke PPATK. Semoga ini menjadi concern untuk terus kita perbaiki bersama,” kata Sigit.
Mantan Direktur Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi ini juga mengulas bahwa sistem pelaporan baru APUPPT berupa goAML juga akan segera diimplementasikan pada 1 Februari 2021. Dalam prosesnya, sedang diidentifikasi penentuan tindak pidana asal dalam penyampaian laporan transaksi keuangan mencurigakan (LTKM) kepada PPATK. Lebih lanjut, Pihak Pelapor akan dilengkapi dengan indikator yang meliputi modus/tipologi, edukasi/e-learning, feedback, bimbingan teknis dan pelatihan, hingga basis data Politically Exposed Persons (PEP).
Dalam konteks Pilkada, PPATK akan memberikan daftar pasangan calon (paslon) untuk dilakukan pemantauan intensif atas aktivitas rekeningnya, berikut pihak yang terafiliasi. Dalam hal ini, perbankan diimbau proaktif menyampaikan LTKM kepada PPATK apabila telah memenuhi kriteria, sebagai upaya mewujudkan Pilkada yang bersih.
“PPATK mengajak FKDKP sebagai mitra strategis dan garda terdepan pelaporan APUPPT, untuk bergandengan tangan dan memperkuat kerja sama untuk mengatasi berbagai isu terkait pencucian uang dan berbagai kejahatan keuangan terkait lainnya,” tutupnya. (TA).

Sending
User Review
5 (1 vote)
Total Page Visits: 574 - Today Page Visits: 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2,835 views
Skip to content